Tips Mengatasi Burung Kacer Yang Bagong

Tips Mengatasi Burung Kacer Yang Bagong adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh para kacermania. Memang burung kacer/poci memiliki karakter yang keras dan terkadang sulit dikendalikan. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh kacermania adalah kacer bagong yang sulit dihilangkan. Memang perilaku bagong pada kacer sering kita temui, khususnya para pemula.Kacer bagong jika diamati memang bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya karena kondisi birahi yang berlebih (OB), atau bisa juga karena mandi yang tidak teratur.

[AdSense-A]

Nah jika anda memiliki kacer yang suka bagong maka pahami dulu kesalahan/penyebabnya. Karena kacer bagong bukan semabarangan cara mengatasinya.Kacer dikenal sebagai burung yang galak dan labil. Kacer bagong sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara tergantung dari apa penyebabnya.

Nah kali ini kami akan berbagi tips kepada anda tentang bagaimana cara menghilangkan perilaku kacer bagong.  Setiap kacer bagong butuh penanganan berbeda sesuai dengan penyebabnya. Misalnya kacer bagong karena mandi yang tidak teratur. Hal ini sering terjadi karena pemilik kacer harus bekerja sehingga tidak fokus merawat dan memandikan kacernya. Maka pemilik kacer harus segera mencari tahu kapan waktu yang paling disukai untuk mandi. Oke untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita cari tahu cara mengatasi kacer bagong berikut ini.

 Tips Mengatasi Burung Kacer Yang Bagong

Ada beberapa cara mengatasi kacer bagong dan disesuaikan dengan penyebab bagongnya. Cara ini bersumber dari pengalaman, dan boleh anda coba atau tidak. Yang jelas cara ini cukup efektif.

1. Mengatasi kacer bagong karena pergantian sangkar atau tangkringan

Tahukah anda bahwa kacer bagong bisa disebabkan oleh pergantian sangkar dan tangkringan/tenggeran? Ya benar, karena di saat kacer sudah nyaman dengan sangkar dan tangkringannya anda tak perlu gonta-ganti sangkar. Ada beberapa kicaumania yang gemar mengganti sangkar kacer tanpa memahami apakah kacer sudah nyaman atau belum. Jika kacer sudah terlihat nyaman dan anteng, anda tak perlu mengganti sangkar. Lalu bagaimana cara mengatasi kacer bagong karena pindah sangkar? Jawabannya adalah mengembalikan suasana sangkar dan tenggeran seperti dulu. Misalnya mengembalikan kacer ke sangkar lama atau men-set sangkar agar suasananya seperti sangkar lama.

2. Mengatasi kacer bagong karena kesalahan mandi

Kacer atau poci memang jenis burung kicau yang gemar mandi. Inilah yang harus anda perhatikan, karena jika kita salah menerapkan model mandi kacer maka kacer bisa bagong. Karena keterbatasan waktu dan kesibukan bekerja, kadang kita tidak punya waktu banyak untuk merawat kacer. Jadi kita hanya memandikan kacer di saat kita bisa atau semau kita. Padahal kacer yang mandi tanpa kemauannya sendiri akan berdampak buruk. Wajib anda ketahui bahwa kacer mandi atas kemauannya sendiri, jadi sebaiknya jangan gunakan sprayer tetapi gunakanlah karamba. Jika kita salah menerapkan mandi kacer, kacer akan bagong, kepala ditekuk ke belakang, atau memekarkan bulu-bulunya. Lalu bagaimana cara agar kita bisa tahu kapan kacer mau mandi? Nah berikut tips memandikan kacer agar tidak bagong :

  • Gunakan karamba sebagai sarana mandi kacer.
  • Masukkan kacer di karamba setiap pagi, siang dan sore. Contohnya, kita memasukkan kacer di karamba di pagi hari. Jika kacer mau mandi, berarti kacer suka mandi di pagi hari. Jika kacer belum mau mandi, jangan dipaksa mandi. Tetapi cobalah kembali di siang atau sore hari. Intinya mencari tahu kapan waktu yang disukai kacer untuk mandi. Dengan begitu kacer akan mandi dengan nyaman dan tidak bagong.
  • Jika kacer mau mandi pagi, cobalah kembali menaruhnya di karamba di siang atau sore hari. Barangkali kacer juga suka mandi siang atau sore. Karena ada kacer yang suka mandi sehari sekali, sehari 2 kali, sehari 3 kali atau hanya seminggu 3 kali. Pahamilah karakter kacer anda dengan baik.

3. Mengatasi kacer bagong karena EF

Kacer bagong bisa juga disebabkan oleh pemberian porsi EF yang berlebihan. Misalnya anda biasa memberi jangkrik lebih dari 3 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Cobalah untuk memberi jangkrik 3 ekor saja di pagi dan 3 ekor di sore hari. Pertahankan porsi jangkrik sampai hari keempat. Pada hari kelimna, berikan jangkrik 4 ekor di pagi, dan 4 ekor di sore. Di hari kesepuluh, berilah 5 ekor jangkrik di pagi, dan 5 ekor di sore sampai hari ke-14. Setelah itu anda bisa mentrek atau mencoba kacer di lapangan. Jika masih bagong, berikan ulat bumbung 2-3 ekor setiap hari dengan porsi jangkrik 5/5. Ulat bumbung efektif mengatasi kacer bagong.
4. Mengatasi kacer bagong karena sakit atau stress

Kacer bagong bisa juga disebabkan oleh penyakit dan stress. Misalnya kacer yang sebelumnya tidak bagong kok kemudian bagong? Silakan diamati kesehatannya, apakah kacer sakit atau tidak. Biasanya kacer bagong bisa disertai dengan mencret (diare), dengan ciri-ciri kotorannya cuer. Penting untuk anda ketahui, kotoran yang cuer disertai gelembung adalah karena cacingan. Sedangkan mencret juga bisa disebabkan karena tidak nyaman/stress di lingkungan baru. Untuk penanganan yang akurat, jangan sungkan untuk memanggil dokter burung di daerah anda. baca juga: Ini Solusi Buat Burung Kacer Kegemukan

Memang kacer bagong bisa sangat mengganggu penampilan kacer di lapangan atau di gantangan. Langkah yang harus anda lakukan adalah memahami dulu apa penyebab kacer bagong, agar terapinya juga tepat agar kacer gacor. Sebenarnya tak anda patokan obat kacer bagong, tetapi dengan berbagi pengalaman ini semoga bisa menjadi acuan atau wawasan untuk anda. Salam Kacer Anti bagong.!!!

Sobat djawara, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang  Tips Mengatasi Burung Kacer Yang Bagong. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini.

Alat Pemadam Kebakara[AdSense-A]
Alat Pemadam Kebakara
Alat Pemadam Kebakara
Kredit Mobil Bekasi

Leave a Comment